Selasa, 30 Mei 2017

Cara Merawat Komputer Agar Awet dan Tahan Lama Dengan Mudah

Cara Merawat Komputer Agar Awet dan Tahan Lama Dengan Mudah

Cara Merawat dan Membersihkan Komputer Agar Awet dan Tahan Lama Dengan Mudah - Di jaman modern seperti ini kebiasaan merawat sesuatu dengan benar cukup jarang ditemui. Banyak orang yang hanya tahu cara menggunakan tanpa tahu cara merawat serta membersihkannya. Contohnya,diantara teman-teman saya, banyak diantara mereka yang layar komputernya kotor, tergores lalu ada juga yang keyboardnya sudah tidak keluar hurufnya, berdebu dan masih banyak lagi masalah lainnya. Jika kalian membaca tutorial ini, kami anggap kalian akan dan mau merawat serta membersihkan komputer kalian mulai dari monitor,casing,cpu serta setiap komponen komputer lainnya.

Dalam tutorial ini kamu akan memperlajari :
  1. Cara Merawat dan Membersihkan Monitor
  2. Cara Merawat dan Membersihkan Keyboard
  3. Cara Merawat dan Membersihkan CPU
  4. Dan lain-lain
Pastikan kamu klik judul-judul artikel diatas untuk membaca tutorialnya.

Cara Merawat Komputer Dengan Benar Agar Awet

Dalam tips berikut ini, kami akan memberikan info singkat bagaimana PC kamu bisa awet dan berumur panjang. Berikut tutorialnya:

Membersihkan Bagian Dalam CPU

Seperti yang telah kami sebutkan diatas, kebersihan CPU menjadi peran penting dalam keawetan suatu komputer. CPU sendiri merupakan "otak" dari suatu komputer maka dari itu sangat penting sekali merawatnya. Karena jika sampai CPU kotor maka kinerja suatu komputer juga ikut menurun.
Bagian dalam CPU yang wajib kalian bersihkan adalah VGA,motherboard,heatsink (kipas) dan socket socketnya.

Merawat Heatsink Agar performa Stabil

Cara Merawat Komputer Agar Awet dan Tahan Lama Dengan Mudah

Heatsink atau kipas yang tertancap di dalam CPU komputer memiliki peran penting untuk menjaga suhu komputer agar tetap stabil. Jika heatsink jarang dibersihkan maka putarannya menjadi kurang bagus dan berdampak pada berkurangnya keefisienan heatsink tersebut.

Merawat Pengkabelan CPU

Pengkabelan disini maksudnya adalah pastikan socket-socket seperti VGA, Sound, tertancap dengan benar dan pada tempatnya. Lalu jangan sampai pengkabelan dalam CPU ruwet, hal ini tidak baik bagi komputer karena bisa terhambatnya laju arus yang mengalir di dalam komputer

Jangan Terlalu Sering Multitasking

Caranya adalah jangan biarkan komputer kamu melakukan banyak tugas dalam satu waktu / multitasking. Hal ini berdampak sangat buruk bagi keawetan suatu komputer. Komputer yang sering dipakai multitasking sangat beresiko mengalami hang/lemot/rusak. Untuk mengatasinya mungkin kamu bisa upgrade Hardware PC kamu dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Atau jika kalian tertarik kalian bisa membaca artikel berikut ini -> Penyebab Komputer Lemot dan Cara Mengatasinya.

Merawat Software dengan Efisien

Komputer tanpa software apapun memang layaknya nasi tanpa garam, namun hal ini menjadi berbahaya bagi kelangsungan hidup komputer jika kalian menginstall terlalu banyak software aplikasi yang menurunkan kinerja PC kalian. Kami sarankan untuk tidak terlalu banyak menginstallnya.

Catatan penting dari kami adalah install software yang penting dan uninstall software yang kurang penting. Perhatikan juga spesifikasi dari program yang kalian install apakah cocok dengan spesifikasi komputer kalian. Untuk cara mengecek spesifikasi komputer bisa kalian cek di artikel ini -> Cara Mengecek Spesifikasi Komputer Dengan Mudah

Merawat HDD Dengan Defragment Secara Teratur


Harddisk drive memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan suatu data yang kalian miliki. Cara merawat bagian ini adalah dengan mendefrag harddisk kalian.Manfaat melakukan defragment pada harddisk secara teratur akan berdampak pada kecepatan komputer dalam mencari data. Namun demikian proses defragment tidak direkomendasikan dilakukan terlalu sering. Karena proses defragment dapat berdampak kepada piringan pada harddisk cepat rusak karena gesekan.

Shut Down / Mematikan Komputer Sesuai Prosedur.

Mematikan komputer dengan benar adalah dengan cara manual. Hal pertama yang harus kamu pastikan adalah kalian sudah menutup semua program aplikasi yang berjalan, baru setelah itu kalian mematikan komputer kalian dengan menekan Alt + F4 lalu pilih opsi Shut Down. Mematikan komputer secara paksa pasti akan membuat komputer menjadi mudah rusak. Jadi Jangan pernah memaksa mematikan komputer kalian seperti mencabut kabel power dari kontak listrik.

Jauhkan komputer dari benda yang cair.

Hal ini pernah kami alami, saat sedang mengetik suatu artikel cangkir kopi kami terjatuh lalu mengenai CPU komputer. Kami dengan (terpaksa) segera memutuskan aliran listrik dari komputer. Hal ini sebenarnya memiliki resiko yang sangat tinggi.Pasalnya jika suatu substansi cair tersebut tertumpah dan mengenai komponen komputer bisa mengakibatkan kerusakan. Oleh sebab itu menghindarinya, lebih baik baik kita menjauhkan benda cair dari komputer.

Update Antivirus Secara Berkala


Antivirus merupakan komponen yang bagi sebagian orang dianggap remeh. Padahal mengupdate antivirus itu penting demi keamanan kalian dalam surfing di internet dan dalam hal penginstallan suatu software. Akan sangat tidak lucu jika kalian terkena virus saat mengunjungi suatu situs hanya karena antivirus yang belum update kan?

Summary


Bagian akhir artikel ini kami tutup dengan kesimpulan bahwa poin-poin diatas merupakan poin yang penting demi menjaga serta merawat komputer kalian agar lebih awet. Dengan merawat komputer sendiri kalian akan lebih menghemat biaya karena komputer kalian tidak mudah rusak dengan perawatan yang baik.

Jika kalian merasa takut atau sekiranya tidak mampu untuk membetulkan suatu masalah yang terjadi di komputer kalian, kalian harus membawanya ke tukang service. Lebih baik membetulkannya ke orang yang lebih berpengalaman untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.

0 comments